Liminal Space

 

Ruang-waktu sangatlah terbatas, paling tidak untuk dijangkau oleh makhluk hidup seperti kita ini. Padahal sejatinya, ruang-waktu itu sendiri tak akan pernah berhenti dan tak akan pernah ada batasan sampai kapan pun dan sejauh apa pun semesta ini bergerak. 

Hal yang membuatku tersadar dan sekaligus kagum adalah sebuah perasaan cinta. Hubungan antara sebuah perasaan cinta dengan dimensi ruang dan waktu itu sangatlah nyata. Cukup dengan merenung dan memahami setiap detail dari benang-benang takdir yang dilalui, kita akan merasakan bahwa pada detik ini, ada sebuah keajaiban indah yang sedang berdansa dengan sangat anggun. 

"Love is the one thing we're capable of perceiving that transcends dimensions of time and space."

Namun tak bisa dipungkiri bahwa manusia memang diciptakan dengan sistem yang rumit dan problematik. Kita tak akan merasakan hal itu dalam keadaan tertentu.

Santailah sedikit untuk menjalani hidup. Kuyakin pada dasarnya kita tak selamanya harus terikat dan terpenjara pada kewajiban monoton duniawi. Lihatlah sekelilingmu, lihatlah dirimu sendiri. Sepersekian detik berlalu, kau telah mengabaikan sesuatu yang sedang menggebu-gebu.

Maka dari itu, luangkan waktumu sejenak. Berdansalah dengan lepas bersamanya, agar kau tak merasakan duka untuk selamanya.